Pernah tiba-tiba ingin menangis tanpa alasan yang jelas saat mendekati jadwal menstruasi? Ini namanya mood swing PMS. Kondisi ini juga bisa membuat wanita sulit berkonsentrasi, lho. Agar tidak mengganggu aktivitasmu, yuk, kenali cara mengatasi mood swing PMS!

Penyebab terjadinya perubahan suasana hati akibat premenstrual syndrome (PMS) memang belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli meyakini kalau mood swing PMS berkaitan erat dengan faktor naik turunnya hormon yang terjadi selama siklus menstruasi.

Mood Swing PMS Membuatmu Gampang Emosi, Ini Cara Mengatasinya - Alodokter

Selain itu, gejala PMS lain yang mengganggu, seperti perut kembung, badan pegal-pegal, jerawat, dan nyeri payudara, juga bisa membuat suasana hati menjadi semakin kacau.

Agar Mood Swing PMS Tidak Mengganggu Aktivitasmu

Kamu tentu tidak mau kan emosimu yang naik turun menurunkan performamu dalam belajar atau bekerja? Nah, untuk mengatasi mood swing PMS, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Memperbaiki pola makan

Cobalah untuk memperbaiki pola makan saat kamu mengalami mood swing PMS. Kamu disarankan untuk membtasi konsumsi makanan tinggi garam, gula, dan lemak serta minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

Makanan dan minuman ini bisa menambah keluhan pencernaan, seperti kembung dan mual, sehingga membuatmu makin tidak nyaman. Makanan tinggi gula, alkohol, dan kafein juga bisa memperparah kondisi mood swing PMS, lho.

Sebaiknya, konsumsilah makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, asam lemak omega 3, dan kalsium. Untuk menghindari kembung, makanlah dalam porsi yang lebih kecil tetapi lebih sering. Selain itu, mengonsumsi teh jahe atau teh daun raspberry merah juga diketahui bisa membantu meredakan gejala PMS.

2. Berolahraga secara teratur

Selain meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, olahraga juga dapat membantu memperbaiki suasana hatimu dengan meningkatkan produksi hormon bahagia, lho.

Oleh karena itu, penting untuk memilih olahraga yang kamu senangi, baik itu bersepeda, berenang, atau berjalan kaki, agar kamu dapat konsisten melakukannya setiap hari. Lakukan setidaknya 30–45 menit setiap kali berolahraga.

3. Mengelola stres dengan baik

Stres adalah hal yang normal dalam kehidupan. Namun bila tidak dikelola dengan baik, stres dapat memperparah mood swing PMS. Jadi, biasakan untuk selalu mengelola stres dengan baik. Kamu bisa melakukannya dengan meditasi, yoga, atau ketika sedang merasa banyak beban pikiran.

4. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Jika gejala nyeri yang disebabkan PMS sangat mengganggumu, mood swing PMS juga akan semakin parah. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri seperti naproxen atau ibuprofen. Namun, penggunaan obat tersebut tentu harus sesuai anjuran dokter, ya.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, diharapkan mood swing PMS dapat diatasi dengan baik, sehingga kamu bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa gangguan perubahan suasana hati.

Namun, jika memang mood swing PMS yang kamu alami sangat mengganggu, bahkan terasa seperti depresi yang tidak dapat kamu tangani sendiri, mungkin kamu mengalami premenstrual dysphoric disorder. Jadi, ada baiknya kamu meminta bantuan psikolog atau psikiater.